Ketika tiba-tiba kambing di belakang rumah mengembik bersahut-sahutan, secara cepat, Ni Kita ke belakang rumah untuk mengambil cadangan rumput yang disimpannya di kiri kandang. Padahal, waktu itu, kami sedang asyik ngobrol tentang air dan timba yang ada di sumur. Akupun, sejurus kemudian, turut mengikuti Nini ke arah kandang. "Ada apa Ni?", tanyaku. "Oh, anakku, tidak ada apa-apa. Hanya, kambing ini memberikan tanda kalau lapar dengan cara mengembik", katanya. Tiap makhluk mempunyai tanda sendiri-sendiri dalam menjalani hidupnya, terutama untuk tanda lapar. "Kita harus mengenalinya dengan kuat, anakku", jelas Nini yang suka baju hitam itu.
Begitu pula, dalam pendidikan, guru harus sangat paham dengan tanda-tanda yang dimunculkan oleh siswa. "Tiap siswa selalu mempunyai tanda yang berbeda-beda ketika menyatakan keinginannya", jelas Nini. Keinginan itu berupa keinginan belajar, jenuh, gembira, dan seterusnya. Guru yang baik adalah guru yang kenal dengan tanda-tanda yang dimunculkan siswanya.
Begitu pula, dalam pendidikan, guru harus sangat paham dengan tanda-tanda yang dimunculkan oleh siswa. "Tiap siswa selalu mempunyai tanda yang berbeda-beda ketika menyatakan keinginannya", jelas Nini. Keinginan itu berupa keinginan belajar, jenuh, gembira, dan seterusnya. Guru yang baik adalah guru yang kenal dengan tanda-tanda yang dimunculkan siswanya.
The Chronicles of Ni Kita: (eps. 40) Back to School Seasons: "Signs"
The End
The End
"Pendidikan akan lebih efektif bila setelah selesai sekolah,
setiap siswa mengetahuai betapa banyak yang mereka tidak ketahui,
dan mempunyai hasrat untuk mengetahuinya"
dan mempunyai hasrat untuk mengetahuinya"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar